Studio Statistika atau yang lebih dikenal dengan SS merupakan Lembaga Semi Otonom (LSO) yang berada dibawah naungan Himpunan Mahasiswa Matematika Statistika dan Ilmu Komputer (HIMAMASTER) Fakultas MIPA Universitas Brawijaya. Organisasi ini bersifat keprofesian dan bergerak dalam bidang Analisis Data.

Karena dirasa perlu mendirikan sebuah wadah (organisasi) keprofesian dalam bidang statistika terutama untuk mengaplikasikan ilmu yang diperoleh pada saat kuliah serta berdasarkan keputusan Musyawarah Anggota Himatika (kepengurusan periode 1999-2000) ada dua Lembaga Semi Otonom yang diharapkan dapat dibentuk dan berjalan dan memiliki hubungan yang koordinatif dengan Himamasta (Himpunan Mahasiswa Matematika dan Statistika sebelum membuka Prodi Ilmu Komputer) yaitu Lembaga Semi Otonom Studio Statistika dan Lembaga Semi Otonom Lingkar Studi Matematika. Kedua LSO tersebut diharapkan dapat bergerak pada bidang profesinya masing-masing. Lembaga Semi Otonom Studio Statistika menitikberatkan pada salah satu profesi Statistisi yaitu sebagai dan Konsultan dan Pengolah Data.
Untuk tujuan tersebut telah dikumpulkan beberapa mahasiswa Statistika angkatan tahun 1996 dan tahun 1997 yang berminat pada pembentukan Studio Statistika. Pada pertemuan ini dianggap penting untuk membentuk tim analisis yang merupakan inti pada sebuah biro konsultan yaitu bertugas mengolah data klien.
Langkah berikutnya adalah sosialisasi Studio Statistika. Sosialisasi pertama dilakukan pada 13 Juni 2000 di ruang MP III Fakultas MIPA yang dihadiri oleh mayoritas mahasiswa angkatan 1999. Hasil dari sosialisasi ini adalah peserta tahu keberadaan LSO di Himamasta yang bernama Studio Statistika dan bidang gerak dari LSO ini di Universitas Brawijaya, serta menghasilkan panitia kecil untuk Kongres I Studio Statistika.
Kongres I Studio Statistika dilaksanakan pada 20 Juni 2000 di MP IV FMIPA dengan peserta mayoritas mahasiswa Statistika angakatan 1999. Pada kongres ini dihasilkan AD/ART serta koordinator Studio Statistika. Koordinator terpilih belum bersedia memilih rekan-rekannya untuk menjadi pengurus, sehingga sampai tanggal 11 Maret 2001, Studio Statistika dijalankan oleh penanggung jawab dan koordinator serta beberapa peserta Kongres I Studio Statistika masih tetap dengan dukungan tim analisis.
Pada Kongres I Studio Statistika ini disepakati bahwa hari lahir Studio Statistika jatuh pada tanggal 13 Juni 2000 yaitu bertepatan dengan sosialisasi SS itu sendiri. dengan beranggotaan mahasiswa Statistika Universitas Brawijaya minimal semester 3.
Untuk memperkuat dan regenerasi SS itu sendiri, Studio Statistika melaksanakan Diklat untuk penerimaan anggota secara berkala setiap tahunnya. Diklat I (perdana) dilaksanakan pada tanggal 10-11 Maret 2001 dan terekrut 32 anggota. Dan satu minggu setelah diklat terbentuklah pengurus Studio Statistika dan dihasilkan langkah serta program kerja LSO Studio Statistika.

Dalam perkembangannya, SS mengalami cukup kemajuan dari masa ke masa dengan semakin banyaknya anggota yang masuk. Puncaknya terjadi pada Diklat SS VIII pada tanggal 21 Desember 2008 bertempat di Wisata Agro Wonosari (Kebun Teh Wonosari) dimana terekrut sekitar 67 anggota baru (Stat ’07) dengan 46 anggota lama (Stat ’06).

Studio Statistika merupakan organisasi keprofesian yang bergerak di bidang jasa analisis data statistika. Studio Statistika terbentuk pada tahun 2000 dan dalam perjalanannya selama 12 tahun (hingga 2012), Studio Statistika telah menerima banyak permintaan analisis data maupun proyek dan mampu menyelesaikannya dengan baik.

Bagi anda yang punya masalah dengan analisis data silahkan hubungi kami.
TERIMA KASIH.

Contact Person :
Via Email 
studiostatistika@gmail.com

Via Twitter

Via Facebook

Via Phone / SMS
     1. Gilang Permana (Gilang)              ( 085259239992 )
     2. Lia Kurniasari (Lia)                     ( 081805117776 )
     3. Fadh Rian Khoirul A (Rian)         ( 085236475685 ) 

Sekretariat

     LSO Studio Statistika – HIMAMASTER- Gedung Graha Sainta
     Jl. Veteran Universitas Brawijaya  

Penanggung Jawab Web
     1. Fadh Rian Khoirul A        ( Statistika 2009 – Marketing ) 
     2. Dyah Anggun Pratiwi       ( Statistika 2009 – Marketing )

*Ilmu tanpa diamalkan bagaikan pohon tanpa buah*

Leave a comment