Kegiatan ini terselenggara atas kerja sama antara dosen Program Studi Statistika Universitas Brawijaya, Dr. Ir. Solimun, M.S.,  dengan sekelompok mahasiswa yang tergabung ke dalam sebuah lembaga kemahasiswaan bernama Studio Statistika. Pelatihan Metode Penyusunan Instrumen Penelitian dan Transformasi Skor Menjadi Skala Dengan Software SOLAND dirasa perlu diadakan karena minimnya pengetahuan peneliti tentang penyusunan butir-butir pertanyaan ataupun pernyataan dalam penerapannya pada kuisioner penelitian. Sebagai seorang peneliti sangat penting untuk mengerti tentang metode penyusunan instrument penelitian yang baik, terlebih untuk para peneliti yang bergerak dibidang Ekonomi, Humaniora, dan Sosial Ekonomi yang melibatkan variabel kualitatif didalamnya.
Pelatihan ini akan membahas tentang Metode Pengukuran Variabel Laten, yaitu pengembangan instrumen. Dilanjutkan dengan pengujian validitas dan reliabilitas. Bersamaan dengan ini akan dirilis software baru yang salah satu fungsinya adalah untuk transformasi skor hasil pengukuran menjadi skala,yaitu software SOLAND.
Adapun kegiatan ini akan diselenggarakan di Ruang Pertemuan Gedung Fakultas MIPA Universitas Brawijaya dengan susunan kegiatan seperti berikut :
Hari/Tanggal
Kegiatan
Sabtu, 7 Juni 2014
1.       Penyusunan butir/item instrumen penelitian.
2.       Pemilihan Model Skala Pengukuran
Minggu, 8 Juni 2014
1.       Pengujian Instrumen Penelitian (Validitas dan Reliabilitas)
2.       Transformasi skor hasil pengukuran menjadi skala menggunakan software SOLAND
Catatan :
1.       Peserta pelatihan akan diberikan software SOLANDsecara GRATIS!!!

2.       Jumlah peserta TERBATAS!!!

Untuk formulir pendaftaran dapat di unduh disini

Leave a comment