Studio Statistika Universitas Brawijaya (SS UB) merupakan Himpunan Mahasiswa Jurusan Statistika Fakultas MIPA Universitas Brawijaya. Organisasi ini pada awalnya merupakan Lembaga Semi Otonom (LSO) yang berada di bawah naungan Himpunan Mahasiswa Matematika dan Statistika (sebelum membuka Program Studi Ilmu Komputer), dimana organisasi ini bersifat keprofesian dan bergerak dalam bidang Analisis Data. Karena dirasa perlunya sebuah wadah (organisasi) keprofesian dalam bidang Statistika terutama untuk mengaplikasikan ilmu yang diperoleh pada saat kuliah, maka berdasarkan keputusan Musyawarah Anggota HIMATIKA (kepengurusan periode 1999-2000) ada dua LSO yang diharapkan dapat terbentuk dan memiliki hubungan yang koordinatif dengan HIMAMASTA, yaitu Studio Statistika dan LISMATIKA. Lembaga Semi Otonom Studio Statistika menitikberatkan pada salah satu profesi Statistisi yaitu sebagai Konsultan dan Pengolah Data.

Untuk mencapai tujuan tersebut, maka dikumpulkan beberapa mahasiswa Statistika angkatan tahun 1996 dan 1997 yang antusias terhadap pembentukan Studio Statistika. Pada pertemuan tersebut dianggap penting untuk membentuk tim analisis yang merupakan tim inti pada sebuah biro konsultan yaitu bertugas mengolah data klien.

Langkah berikutnya adalah sosialisasi Studio Statistika. Sosialisasi pertama dilakukan pada 13 Juni 2000 di ruang MP III Fakultas MIPA yang dihadiri oleh mayoritas mahasiswa angkatan 1999. Hasil dari sosialisasi ini adalah peserta mengetahui keberadaan LSO di HIMAMASTA yang bernama Studio Statistika dan bidang gerak dari LSO ini di Universitas Brawijaya, serta menghasilkan panitia kecil untuk Kongres I Studio Statistika.

Kongres I Studio Statistika dilaksanakan pada 20 Juni 2000 di MP IV FMIPA dengan peserta mayoritas mahasiswa Statistika angkatan 1999. Pada kongres ini dihasilkan AD/ART serta koordinator Studio Statistika, sehingga pada Kongres I Studio Statistika ini disepakati bahwa hari lahir Studio Statistika jatuh pada tanggal 13 Juni 2000 yaitu bertepatan dengan sosialisasi SS itu sendiri, dengan beranggotakan mahasiswa Jurusan Statistika Universitas Brawijaya minimal semester 3.

Kemudian, pada tahun 2018 Program Studi Statistika resmi berdiri menjadi Jurusan Statistika di Fakultas MIPA Universitas Brawijaya, sehingga perlu dibentuknya Himpunan Mahasiswa Jurusan Statistika. Berdasarkan keputusan Musyawarah Anggota Luar Biasa HIMAMASTA yang dilaksanakan pada 13 Oktober 2018, disepakati bahwa Studio Statistika Universitas Brawijaya menjadi Himpunan Mahasiswa Jurusan Statistika dengan melanjutkan sejarah keorganisasian dari HIMAMASTA dan sejarah keprofesian dari LSO SS UB.

 Berdasarkan keputusan Musyawarah Anggota II SS UB yang dilaksanakan pada 6 Desember 2019, Studio Statistika kini terdiri dari 6 divisi dengan 1 divisi yang terdiri dari 2 sub divisi, yaitu Divisi Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa (PSDM), Divisi Dana dan Fasilitas (Dafas), Divisi Hubungan Mahasiswa (Humas), Divisi Minat dan Bakat (MnB), Divisi Keilmuan, dan Divisi Keprofesian yang terdiri dari Sub Divisi Marketing dan Sub Divisi Proyek.