AoT: What’s Going in Recently! Vol.4

STUDI EKSKURSI 2023

Studi Ekskursi 2023 Departemen Statistika Universitas Brawijaya merupakan kegiatan kunjungan yang mencakup kunjungan ke beberapa tempat dan institusi yang sangat relevan dengan bidang statistika. Kegiatan ini telah terlaksana pada tanggal 13-16 Agustus 2023, diikuti oleh 44 mahasiswa dan 1 dosen pendamping yaitu Ibu Nur Silviyah Rahmi, S.Si., M.Stat. Ini adalah kesempatan yang berharga bagi para mahasiswa untuk memperluas pemahaman mereka tentang bagaimana statistika diterapkan dalam berbagai bidang.

Pada kegiatan Studi Ekskursi 2023, instansi pertama yang dikunjungi adalah BPK RI Provinsi Jawa Tengah. Mahasiswa memiliki kesempatan untuk mengetahui bagaimana statistika berperan dalam lembaga keuangan Indonesia. Disampaikan juga materi mengenai wawasan ke-BPK-an mencakup wawasan umum, pekerjaan, dan suka duka bekerja di BPK yang sangat menarik dan menjadi wawasan baru bagi mahasiswa. Selain mendengarkan materi, mahasiswa diajak oleh tim humas BPK untuk berkeliling kantor BPK RI Provinsi Jawa Tengah untuk melihat fasilitas yang tersedia, dokumentasi kegiatan-kegiatan BPK, sampai sejarah BPK sejak awal didirikan.

Kemudian mahasiswa melakukan kunjungan ke PT. Sido Muncul untuk melihat bagaimana statistika digunakan dalam dunia industri. Mahasiswa diajak berkeliling sambil mendengarkan penjelasan PT. Sido Muncul sebagai perusahaan terkenal dalam produksi berbagai produk, menggunakan statistik dalam pengendalian kualitas, analisis pasar, dan banyak aspek lainnya. Setelah berkeliling, mahasiswa juga berkesempatan untuk mengunjungi agrowisata seperti kebun binatang kecil yang dimiliki PT. Sidomuncul. Terdapat beberapa spesies hewan seperti harimau, singa, dll. Serta tanaman-tanaman introduksi atau tanaman lain yang merupakan tanaman obat langka.

Instansi terakhir yang dikunjungi adalah Grhatama Pustaka Yogyakarta, sebagai pusat perpustakaan di Yogyakarta. Di sini, mahasiswa dapat melihat bagaimana data statistik digunakan dalam riset akademis dan penulisan buku. Berkeliling perpustakaan dan melihat koleksi serta fasilitas yang tersedia, menjadi pengetahuan bagi mahasiswa Departemen Statistika untuk mendukung penelitian akademis dan perpustakaan sebagai sumber informasi yang berharga. Di akhir sesi kunjungan, mahasiswa juga berkesempatan untuk menonton film di bioskop 6D yang ada di Grhatama Pustaka Yogyakarta.

Selain kunjungan edukatif, para mahasiswa juga memiliki kesempatan untuk menjelajahi Malioboro, sebuah jalan perbelanjaan terkenal di Yogyakarta, dan mengunjungi Pantai Parangtritis, pantai yang indah di pantai selatan Jawa. Para mahasiswa sangat menikmati Program Studi Ekskursi dan mendapatkan banyak insight menarik dari kunjungan-kunjungan yang dilakukan.